cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28295919     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2012): Desember" : 7 Documents clear
GURU PAI IDEAL MENURUT PERSEPSI SISWA MADRASAH ALIYAH SMIP 1946 BANJARMASIN Samdani Samdani
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.225 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1872

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa dalam menghadapi tantangan masa depan dan demi suksesnya pendidikan secara maksimal. Guru harus memiliki kepribadian yang tinggi, dan profesional. Hal tersebut menjadi motivator dalam proses pembelajaran yaitu dapat memberikan rangsangan dan dorongan serta dapat mendinamisasikan potensi siswa dalam menumbuhkan aktifitas siswa. Guru PAI ideal harus  memenuhi 4 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik,  kepribadian, profesional dan sosial. Dalam penelitian ini bagaimana indikator guru ideal tersebut dalam pandangan siswa Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Kata Kunci: Guru PAI Ideal, Persepsi siswa
URGENSI DAN PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HAMKA Shafiah Shafiah; M. Mukhlis
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.29 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1873

Abstract

Pendidikan Islam  menurut Hamka adalah suatu usaha membimbing dan memberikan keilmuan berdasarkan ajaran Islam terhadap anak didik agar kelak dapat memahami dan mengamalkan Islam.Prinsip pendidikan Islam menurut Hamka adalah tauhid, dengan tauhid akan memberi nilai tambah bagi manusia dan menumbuhkan kepercayaan pada dirinya serta mempunyai pegangan hidup yang benar. Isi kurikulum pendidikan harus mencakup ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kemajuan hidup manusia. Tujuan akhirnya dalam pengolahan dan peningkatan sumber daya insani yang dikehendaki Islam tidak diletakkan secara terpisah antara kepentingan pribadi, bersama, dan agama, tetapi harus sebagai kesatuan yang utuh.  Kata Kunci: Urgensi, Pendidikan Islam, Hamka
KEMANFAATAN LKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH Suraijiah Suraijiah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.446 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1874

Abstract

Lembar kerja siswa (LKS) fiqih dirancang tim penyusun untuk bisa dipakai sebagai pengajaran yang bisa dikerjakan siswa di kelas maupun di luar kelas sebagai kegiatan ko-kurikuler. Oleh karena itulah, penggunaan lembar kerja siswa (LKS) sangat bermanfaat untuk membantu guru maupun siswa   dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif.  LKS merupakan salah satu sumber belajar yang terencana dan  sangat  bermanfaat dalam membantu guru dan siswa dalam mengefektifkan proses belajar siswa dalam pembelajaran fiqih. Dan pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Kata Kunci: LKS, Pembelajaran Fiqih
KONSEP PENERAPAN ASPEK AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Tamjidnoor Tamjidnoor
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.939 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1875

Abstract

Aspek afektif adalah tujuan pembelajaran yang berkenaan dengan penghayatan dalam jiwa siswa terhadap nilai-nilai kebenaran yang diterimanya yang akan tercermin dalam perilaku dan perasaan serta minat. Aspek afektif adalah aspek yang bersangkut paut dengan sikap mental, perasaan dan kesadaran siswa. Hasil belajar dalam aspek ini  diperoleh melalui proses internalisasi, yaitu suatu proses kearah pertumbuhan batiniah atau rohaniah siswa. Pertumbuhan itu terjadi ketika siswa menyadari suatu “nilai” yang terkandung dalam pengajaran agama dan kemudian pengajaran nilai-nilai itu dijadikan suatu “sistem nilai diri”, sehingga menuntun segenap pernyataan sikap, tingkah laku dan perbuatan moralnya dalam menjalani kehidupan. Kata Kunci: Aspek Afektif dan akidah akhlak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT ‘‘ID MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR Abd. Basir; Ramaji Ramaji
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.994 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1870

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kertak Hanyar Kabupaten Banjar mata pelajaran Fiqih dengan subjek penelitian kelas IV tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Alat pengumpulan data meliputi tes, observasi, kuesioner, dan diskusi. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa tentang bacaan dan gerakan shalat ‘‘id dengan menerapkan metode demonstrasi, yaitu rata-rata post tes 6,63 pada siklus I naik menjadi rata-rata post test 7,15 pada siklus II diatas indikator ketuntasan belajar. Begitu pula presentasi ketuntasan siswa meningkat dari 62,50% atau 12 anak pada siklus I menjadi 100% atau 20 anak pada siklus II. Kata Kunci: Praktik shalat ‘‘id, metode demonstrasi
PROFESIONALISME GURU MENURUT ISLAM Abdul Khaliq
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.854 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1876

Abstract

Salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan adalah guru, karena guru yang berada di garda terdepan dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru dalam Islam sebagai pemegang jabatan profesional membawa misi ganda dalam waktu yang bersamaan, yaitu misi agama dan misi ilmu pengetahuan. Syarat profesionalisme guru sebagai pendidik dalam Islam adalah: (a) Sehat jasmani dan rohani; (b) Bertakwa; (c) Berilmu pengetahuan yang luas; (d) Berlaku adil; (e) Berwibawa; (f) Ikhlas; (g) Mempunyai Tujuan yang Rabbani; (h) Mampu Merencanakan dan Melaksanakan Evaluasi Pendidikan; dan (i) Menguasai Bidang yang ditekuni Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, Islam
MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI JUAL BELI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA MURID KELAS VI MI HIDAYATULLAH PAHARANGAN KECAMATAN BERUNTUNG BARU KABUPATEN BANJAR Rusdiana Hamid; Abdurrahman Abdurrahman
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2012): Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.236 KB) | DOI: 10.18592/jtipai.v2i2.1871

Abstract

Dengan menggunakan metode bermain diperoleh  bahwa hasil belajar siswa semakin meningkat pada  pembelajaran fiqih materi ketentuan jual beli. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 6,42 dan pertemuan kedua 6,85. Kemudian meningkat pada siklus II yakni pertemuan pertama 7,14 dan pertemuan kedua 7,71. Dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar 7,00.Kegiatan guru dalam pembelajaran berjalan baik dengan persentase pada siklus I pertemuan pertama 75% dan skor rata-rata 2,57,pertemuan kedua 85,71% dengan skor rata-rata 3,03. Adapun persentase siklus II pertemuan pertama 86,22% dengan skor rata-rata 3,14, pertemuan kedua 100% dengan skor rata-rata 3,60.  Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7